Saturday, 29 September 2012

Sayang Terhadap Budaya Sendiri ~

Indahnya kota kembang disaat malam hari ditambah dengan adanya Festival malam hari yang cukup meriah.. haha,, ada coretan baru nih setelah menempuh perjalanan ke acara BRAGA FESTIVAL !!
 haha.. banyak nih sebenernya yang mau di bahas disaat saya kesana haha engga cuman bahasan tentang kenapa harus sayang terhadap budaya sendiri namun masih banyak yang lain,, namun yang dibahas cukup ini dulu Sayang Terhadap Budaya Sendiri..

Kalo Bukan Kita , Siapa Lagi ?
Indahnya kota kembang disaat malam hari ditambah dengan adanya Festival malam hari yang cukup meriah.. tidak hanya wisatawan dalam negeri namun wisatawan luar negeri juga datang untuk memeriahkan acara tersebut..

yang sangat miris bagi diri pribadi saya adalah dimana warga pribumi yang datang ke acara yang betema kental dengan budaya SUNDA itu tidak mencerminkan budaya sunda sama sekali..
kenapa ? kenapa orang pribumi tidak mencerminkan budaya sunda ? tidak perlu harus menggunakan asesoris sundanis dan baju sundanis namun cukup dengan bicara menggunakan bahasa sunda itupun sudah cukup . namun apa yang saya temui adalah dimana orang orang yang ada disana rata-rata tidak mencerminkan budaya sunda ? bukan hanya dari gaya berpakaian saja yang tidak mencerminkan namun dari berbicara saja tidak mencerminkan budaya sunda -_- aduuh sangat miris sekali

disaat budaya kita di ambil orang lain kita sibuk marah marah maki maki yang mengambil kebudayaan kita,, namun kenapa saat kita ada kesempatan untuk mempertahankan dan meperkenalkan budaya sendiri kita tidak lakukan ?
jangan hanya sibuk saat budaya sudah di ambil namun buktikan bahwa kitalah yang memiliki budaya dan kitalah yang berhak atas semua ini bukan orang lain..

siapa lagi yang akan mempertahankan kebudayaan kalo bukan kita

mulai sekarang move on untuk tidak malu untuk mengakui kebudayan sendiri :)

#catatan : orang luar negeri saja saya dengar berbicara pakai bahasa sunda dengan sopan dan lembutnya walaupun agak sedikit canggung ,, kenapa kita sendiri tidak ?!

No comments:

Post a Comment

Baca dan pahami,, Jangan cuman kaya baca koran sudah dibaca di buang -_-